Senin, 20 Desember 2010

Limbah Kimia merusak tanah

 Resiko pencemaran tanah amat tinggi bagi kesehatan Lingkungan. Ini Lantaran kehidupan di muka bumi ini amat tergantung pada tanah. Tumbuhan memperoleh air dan mineral pada tanah. makanan manusia bersumber dari hewan dan tumbuhan. Jadi, secara tidak langsung, makanan manusia berasal dari tanah. Namun, belakangan ini ancaman pencemaran terhadap kesehatan lingkungan tanah makin mencemaskan banyak kalangan. salah satu sumber pencemaran tersebut berasal dari Limbah, terutama limbah industri. Limbah ini berasal dari pabrik atau industri manufaktur, industri kecil, dan industri perubahan. Jenis limbahnya dapat berupa limbah padat dan limbah cair.
 Limbah industri yang padat adalah hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari proses pengolahan dalam industri. ini dapat berbentuk sisa pengolahan pabrik gula, pulp, kertas, rayon, plywood, pengawetan ikan, buah, dan daging. 
 Limbah cair berupa hasil pengolahan dalam suatu proses produksi. Misalnya sisa-sisa pengolahan industri pelapisan logam dan kimia lainnya. Tembaga, Timbal, perak, krom, arsen dan Boron merupakan zat hasil proses industri pelapisan logam.
 Pencemaran tanah dapat merusak  ekosistem. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia bercun atau berbahaya. Dosis kimiawi rendah sekalipun dapat memberi dampak yang besar terhadap  rantai makanan.
 Dampak terhadap pertanian terutama perubahan metabolisme tanamanpada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. Hal ini dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi  tanaman. daya tahan tanaman menahan lapisan tanah dari erosi semakin rendah.

RISCA NOVYDITA-08-42

0 komentar:

Poskan Komentar